• Bandung
  • 29/03/2024
1 Comments

Belajar di rumah terkadang bisa menimbulkan kebosanan pada siswa, apalagi pengalaman ini merupakan yang pertama bagi mereka. Kemdikbud baru saja mengeluarkan kebijakan yang memperpanjang Pembelajaran Jarak Jauh sampai bulan April. Lantas apa yang bisa kita lakukan agar belajar di rumah bisa lebih menyenangkan ?

Berikut ini ada beberapa ide untuk Pembelajaran Jarak Jauh yang bisa kita terapkan :

  1. Melakukan aktivitas pembelajaran lewat video online
Photo by cottonbro from Pexels

Dengan melakukan aktivitas pembelajaran online lewat video online, kita bisa bertemu dan menyapa langsung siswa yang ada di rumah. Siswa juga bisa bertemu dengan teman-temanya via online tentunya. Walaupun bertemu online, atmosfer yang dibangun bisa sedikit menggantikan pertemuan di kelas.

Materi yang bisa diberikan antara lain, menyanyi bersama, mengaji, membuat eksperimen, membuat kerajinan dll

2. Memberikan tugas eksperimen kepada siswa

Sebuah eksperimen seperti biasanya diberikan kepada siswa meliputi pelaksanaan dan pengamatan, seperti misalnya eksperimen pembuatan jam matahari. Siswa bisa diminta membuat jam matahari dan melakukan pengamatan posisi bayangan pada jam tertentu. Hasil pengamatan bisa dilaporkan dalam bentuk foto atau video dan diupload pada aplikasi pembelajaran online

3. Memberikan challenge kepada siswa untuk belajar keterampilan baru

Game Coding @fathinasrullah

Dalam panduan Pembelajaran Jarak jauh yang disampaikan oleh Kemdikbud, ada poin yang menyebutkan bahwa dalam pembelajaran jarak jauh tidak harus mengejar pencapaian kurikulum. Ini sebuah peluang bagi siswa untuk bisa menekuni keterampilan baru selama belajar di rumah.

Keterampilan baru yang dimaksud bisa bermacam-macam, seperti misalnya belajar membuat game, belajar membuat pesawat kertas, belajar coding, belajar masak dll. Hasil pembelajaran bisa dilaporkan per hari atau waktu yang disepakati bersama pada aplikasi pembelajaran online.

Nah, demikian tadi beberapa ide untuk lebih memberikan pengalaman yang menyenangkan saat melakukan Pembelajaran Jarak Jauh.

Author

pinisiedu@gmail.com

One thought on “Cara Membuat Pembelajaran Jarak Jauh jadi Lebih Menyenangkan

  1. Mantull sob, saya paling suka dengan artikelnya, semoga bisa jadi referensi untuk dicoba, ditunggu artikel berikutnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *