• Bandung
  • 24/04/2024
ilustrasi soal AKM
0 Comments

Membuat soal ternyata tak semudah dibayangkan oleh semua orang. Apalagi jika harus membuat soal dengan tipe HOTS atau yang akan digunakan dalam ujian atau AKM. Selain harus merangkai kata, Sobat Guru juga harus mencari ilustrasi yang pas dengan soal yang sedang dibuat.

Jika Sobat Guru memiliki kemampuan dan waktu untuk membuat ilustrasi sendiri, maka itu jadi sebuah solusi yang pas. Namun, tidak semua memiliki hal tersebut. Saat ini yang paling mudah dalam mencari ilustrasi adalah dengan mencarinya di Google. Namun kita harus berhati-hati, karena ilustrasi hasil pencarian di Google bisa jadi memiliki hak cipta / copyright yang memiliki batasan untuk kita gunakan.

Jangan berkecil hati, dalam postingan kali ini, Edubox akan bagikan 2 situs dimana kita bisa mencari ilustrasi yang bisa kita gunakan secara gratis dan tanpa melanggar hak cipta. Secara umum, ilustrasi yang boleh kita gunakan harus memiliki kode sebagai berikut :

  1. CC0 1.0 Universal (CC0 1.0) , kode ini menunjukan bahwa pembuat ilustrasi tersebut sudah memberikan hak cipta kepada publik. Sehingga bisa digunakan kembali, dimodifikasi, dll secara gratis
  2. Public Domain, kode ini menunjukan bahwa ilustrasi tersebut hak ciptanya sudah diakui sebagai milik publik. Sehingga bisa digunakan kembali, dimodifikasi, dll secara gratis

Nah, dimana kita bisa mencari ilustrasi yang gratis tersebut? Sehingga bisa kita gunakan dalam membuat soal ujian atau AKM. Yuk, kita simak !

Public Domain Vectors

Dalam rilisnya, website Public Domain menyediakan lebih dari 65 ribu ilustrasi yang bisa digunakan secara gratis. Sobat Guru bisa memasukan pencarian dengan kata kunci dalam bahasa Inggris.

ilustrasi soal AKM

Setelah muncul hasil pencarian, Sobat Guru bisa klik ilustrasi yang sesuai dengan soal, dan pilih download.

CC Search

Dalam website Creative Commons Search ini, Sobat Guru bisa mencari lebih dari 500 ilustrasi dan foto yang bisa digunakan. Hasil pencarian akan menampilkan ilustrasi dengan beberapa hak cipta, pastikan untuk mencentang 2 pilihan kode hak cipta di atas.

ilustrasi soal AKM

Setelah muncul hasil pencarian, silakan klik ilustrasi atau foto yang sesuai. Untuk mendownload file ilustrasinya, Sobat Guru bisa mengklik “Go to Image’s Website”.

Demikian 2 situs website yang akan memudahkan Sobat Guru untuk membuat soal AKM dan soal ujian lainnya. Silakan dibagikan jika bermanfaat dan simak postingan lainnya tentang Persiapan AKM

Author

pinisiedu@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *