• Bandung
  • 29/03/2024
mudah membuat soal AKM
1 Comments

Asesmen Kompetensi Minimum atau AKM sudah di depan mata. Bahkan beberapa sekolah sudah melakukan uji coba atau Simulasi AKM. Seperti diulas pada postingan sebelumnya sebagai salah satu persiapan AKM adalah membiasakan siswa untuk mengerjakan soal AKM. Untuk itu Sobat Guru perlu untuk membuat soal sebagai bahan latihan siswa dengan mudah

Tipe soal AKM

AKM yang akan dilaksanakan sebagai pengganti Ujian Nasional akan menggunakan beberapa tipe soal yang jarang digunakan siswa. Beberapa tipe soal yang akan digunakan adalah :

Pilihan Ganda

Pilihan Ganda Kompleks

Matriks

Isian Singkat Kata

Isian Singkat Angka

Menjodohkan

Essay

Untuk membantu persiapan siswa, Sobat Guru harus mulai untuk membuat soal yang bisa digunakan siswa untuk uji coba sebelum pelaksanaan AKM di tahun depan. Sehingga siswa bisa mengerjakan dengan lebih mudah karena sudah terbiasa.

Contoh Soal AKM

Dilansir dari laman ditspd.kemendikbud.go.id berikut ini adalah salah satu contoh soal Asesmen Kompetensi Minimun (AKM) Kelas 5 Sekolah Dasar :

Soal :

Ada dua orang sahabat melakukan perjalanan panjang. Ketika di tengah perjalanan, mereka terlibat dalam suatu perdebatan. Pertengkaran Itu terjadi sampai salah satu dari mereka menampar yang Iainnya. Sahabat yang ditampar itu tak berkata apapun tapi menuliskan suatu kata di atas hamparan pasir. Tulisan tersebut berbunyi, “hari ini teman baikku menamparku.”

Walaupun mereka bertengkar tapi tetap melanjutkan perjalanan bersama. Saat di perjalanan mereka menemukan sebuah sumber air dan memutuskan untuk mandi. Namun malang nasib teman yang ditampar tadi, ia tergelincir dan hampir terggelam di dalam sumber air tersebut. Melihat itu, tentu saja teman yang menampar tadi menolongnya dan ia pun selamat. “Hari ini teman baikku menyelamatkan nyawaku,” ukirnya pada sebuah batu.

Teman yang telah menampar dan menyelamatkan nyawanya tadi bertanya, “Mengapa saat aku menyakitimu, kamu menulis di atas pasir. Sedangkan saat aku membantu, kamu mengukirnya pada batu?“ 

Kemudian Ia menjawab ”Karena menulis di atas pasir mudah terhapus oleh sapuan angin, sedangkan mengukir di atas batu tidak mudah hilang oleh terpaan angin kencang sekalipun.”

Pertanyaan :

  1. Tentukan setiap pernyataan berikut sesuai dengan isi teks ataukah tidak!
  • Perjalanan kedua sahabat kemungkinan melewati padang pasir.
  • Kedua orang tetap bersahabat dalam kondisi marah maupun susah.
  • Pesan yang baik dituliskan di atas pasir, pesan yang buruk dituliskan di atas batu.
  1. Pilihlah pesan-pesan yang merupakan simpulan dari isi teks!
  • Jangan mengingat kesalahan orang lain terlalu lama.
  • Pertemanan sejati akan terbentuk setelah melewati masa perkelahian.
  • Persahabatan memerlukan sikap memaafkan dan membalas kebaikan.
  • Jika diberi kebaikan oleh orang lain harus segera membalasnya

Edubox sebagai platform Penilaian hasil belajar, kini sudah dilengkapi tipe soal AKM dalam platformnya. Sehingga Sobat Guru bisa membuat soal AKM dan memberikan uji coba atau Simulasi AKM kepada siswa dengan mudah

Untuk mulai membuat soal AKM di Edubox, Sobat Guru bisa mengikuti panduan di link berikut

Author

pinisiedu@gmail.com

One thought on “Membuat Soal AKM untuk Try Out AKM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *