• Bandung
  • 25/04/2024
Try Out AKM Edubox
0 Comments

AKM atau Asesmen Kompetensi Minimum seperti layaknya Asesmen lainnya akan menampilkan hasil yang akan digunakan dalam pengukuran output pembelajaran yang sudah dilakukan. Namun AKM berbeda dengan Ujian yang sering dilakukan. Untuk itulah perlu dilakukan Simulasi AKM untuk mengenalkan siswa kepada soal AKM.

Nah, seperti Try Out atau Simulasi lainnya, ada beberapa manfaat yang bisa didapat dari kegiatan ini. Berikut ini 3 Manfaat Simulasi AKM :

  1. Mengenal soal – soal AKM
  2. Mengasah kemampuan mengerjakan soal AKM
  3. Mengetahui kemampuan siswa

Mengenal Soal AKM

Berbeda dengan Ujian biasanya, AKM hanya akan menguji dua subyek yaitu Literasi dan Numerasi. Literasi dalam wikipedia disebutkan istilah umum yang merujuk kepada seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan Numerasi adalah kemampuan untuk mengaplikasikan konsep bilangan dan hitungan dalam keseharian.

Selain hanya 2 (dua) subyek yang diujikan, soal yang digunakan dalam AKM juga lebih bervariasi. Mulai dari Pilihan Ganda, Pilihan Ganda Kompleks, Matriks, Isian Singkat kata, Isian singkat angka, Essay hingga menjodohkan. Soal AKM ini semuanya sudah bisa digunakan di platform Edubox

Dengan melakukan Simulasi AKM, maka siswa bisa lebih mengenal soal-soal AKM sehingga ketika dilakukan Asesmen Nasional nantinya bisa lebih pede dan lebih lancar.

Mengasah kemampuan mengerjakan soal AKM

Manfaat yang kedua dari Simulasi AKM adalah bisa mengasah kemampuan mengerjakan soal AKM. Dengan sering mengerjakan soal AKM, maka diharapkan siswa bisa lebih mengantisipasi tipe soal dan bagaimana cara mengerjakannya.

Selain itu dengan sering mengerjakan soal AKM, siswa bisa mengukur waktu dalam pengerjaannya sehingga bisa lebih mudah mengatur waktu saat pelaksanaan Asesmen Nasional nantinya

Mengetahui kemampuan siswa

Selain kedua manfaat di atas, Simulasi AKM juga bisa digunakan Sobat Guru dan sekolah untuk mengukur kemampuan literasi dan numerasi siswa. Dengan demikian bisa mengukur proses pembelajaran yang selama ini dilakukan dan melakukan perbaikan.

Saat sekolah melakukan Simulasi AKM, Sobat Guru juga bisa mendapatkan umpan balik yang bagus tentang kondisi siswa dan melakukan bimbingan dan pendampingan yang lebih baik kepada siswa.

Demikian 3 Manfaat Simulasi AKM yang bisa didapatkan saat sekolah melaksanakannya. Agar lebih mudah melakukan Simulasi AKM, sekolah bisa menggunakan Edubox yang sudah mendukung semua tipe soal AKM.

Author

pinisiedu@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *