• Bandung
  • 08/05/2024
mudah membuat soal AKM
1 Comments

Asesmen Kompetensi Minimum atau yang disingkat AKM sebagai salah satu komponen Asesmen Nasional, masih memerlukan banyak persiapan. Hal ini terungkap pada saat Webinar #AKMmudah yang diselenggarakan oleh Edubox.

Salah satu pertanyaan yang mengemuka adalah bagaimana Guru dan Sekolah melakukan persiapan menjelang pelaksanaan AKM. Baik persiapan infrastruktur maupun mempersiapkan siswa.

Untuk itu Edubox sebagai platform penilaian hasil belajar siswa menyelenggarakan Webinar yang dilaksanakan secara online pada 16 Oktober 2020 kemarin.

Pada webinar yang mengangkat tema “Persiapan Guru Menghadapi AKM”, Edubox mengundang Wakasek SMA Negeri 1 Bandung, Bapak Rikki M Ramdhani, S.Pd, M.Kom, yang pernah menerapkan penilaian berbasis AKM di sekolahnya. SMA 1 Bandung pernah menggunakan soal dengan tipe AKM untuk Penilaian Akhir Tahun.

Pak Rikki menyampaikan tahapan persiapan mulai dari menyiapkan soal HOTS (High Order Thinking Skill) hingga pelaksanaan menggunakan platform Edubox. Dibandingkan metode penilaian selain AKM, penilaian dengan AKM bisa memotret dengan lebih baik kemampuan siswa.

Sehingga outputnya bisa memberikan masukan kepada guru tentang proses belajar mengajar yang akan dilakukan selanjutnya.

Dalam diskusi yang berlangsung selama 1 jam lebih, para guru dari beberapa daerah di Indonesia mengaku masih perlu persiapan yang panjang. Terutama untuk siswa di bangku sekolah dasar yang tentunya belum terbiasa dengan soal-soal tipe AKM.

Berbeda dengan siswa di bangku SMP dan SMA dimana beberapa sekolah sudah pernah menggunakan tipe soal AKM. Seperti kita tahu, tipe soal AKM tidak hanya menggunakan tipe soal Pilihan Ganda, tetapi juga Pilihan Ganda Kompleks, menjodohkan, isian singkat dll. 

Beberapa rekomendasi persiapan yang diperlukan untuk menyongsong pelaksanaan Asesmen Nasional pada tahun 2021 nanti adalah adalah insfrastruktur yang cukup baik, pelatihan pembuatan soal AKM untuk guru, dan pembiasaan siswa dengan soal-soal AKM. 

Salah satu persiapan yang bisa dilakukan adalah membiasakan siswa untuk mengerjakan tipe soal seperti soal-soal AKM. Guru bisa menggunakan bermacam tipe soal di Edubox yang baru saja dirilis beberapa waktu yang lalu.

Author

pinisiedu@gmail.com

One thought on “Persiapan AKM untuk Guru dan Sekolah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *